Guidelines

Bagaimana rasanya saat air ketuban pecah?

Bagaimana rasanya saat air ketuban pecah?

Ketika air ketubannya pecah, beberapa ibu hamil merasakan sensasi letupan, yakni seperti ada yang mengetuk kantung ketuban, kemudian pecah, lalu airnya menyembur.

Apa yang Harus Dilakukan saat air ketuban Merembes?

Apa yang harus dilakukan jika air ketuban merembes?

  1. Tenangkan diri Anda. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menenangkan diri Anda dan jangan panik.
  2. 2. Coba berdiri.
  3. Periksa cairan yang keluar.
  4. Ganti dalaman.
  5. 6. Periksa kembali.
  6. Cek ke dokter.

Apakah air ketuban keluar seperti kencing?

Air ketuban yang keluar dari vagina ditandai dengan adanya bintik-bintik merah mirip darah dan lendir menyerupai keputihan. Maka, perhatikan cairan yang keluar saat Anda buang air kecil. Bila sudah selesai mengeluarkan urine dan masih ada cairan yang keluar, itu adalah air ketuban.

Keluar cairan bening apakah air ketuban?

Cairan bening yang keluar saat hamil bisa saja mengindikasikan ketuban pecah. Maka dari itu, tidak sedikit ibu hamil yang panik saat mengalaminya. Namun, ada baiknya Anda tidak panik terlebih dahulu karena kondisi ini juga bisa dianggap normal.

Apakah air ketuban yang merembes tidak berbau?

Layaknya orang keputihan, air ketuban yang merembes juga menyisakan bercak-bercak putih pada celana dalam. Namun ingat, warna air ketuban dan keputihan berbeda loh! Jika keputihan berwarna seperti putih telur (atau mungkin kekuningan), air ketuban lebih bening dan keruh. Selain itu, air ketuban juga cenderung tidak berbau.

Apakah janin menelan air ketuban?

Di dalam air ketuban inilah janin mengapung, bernapas, dan bergerak. Janin juga menelan air ketuban, mengeluarkannya sebagai urine, kemudian menelannya lagi. Hal ini bertujuan untuk menjaga kestabilan volume air ketuban. Volume air ketuban yang terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat membahayakan kehamilan.

Apakah air ketuban mirip urine?

Keluarnya cairan ketuban justu mirip urine yang memunculkan suhu hangat saat keluar melewati organ intim. Namun begitu, warna dan tekstur air ketuban berbeda dari urine. Jika urine berwarna kuning, air ketuban berwarna bening agar keruh disertai lendir dan terkadang darah. (Baca Juga: Manfaat air tebu bagi ibu hamil)

Apakah air ketuban merembes pecah dalam perut?

Ciri lain yang bisa menjadi pertanda air ketuban merembes adalah adanya sesuatu yang pecah dalam perut. Dan hal ini bisa Anda rasakan. Layaknya suara balon yang meletus, ketuban yang pecah juga cukup mengagetkan. Namun demikian Anda tak perlu gelisah. Kondisi tersebut mungkin kode bahwa Anda siap menjalankan persalinan.