Articles

Apakah hijab itu syariat Islam?

Apakah hijab itu syariat Islam?

Kewajiban berhijab merupakan tuntunan syariat Islam.

Bagaimana cara berhijab yang baik dan benar?

8 Cara Hijab yang Baik dan Benar Sesuai Syariat Agama Islam

  1. Menutup dada.
  2. Menutup seluruh badan.
  3. Tidak membentuk tubuh.
  4. Bagian bawah tidak menggantung.
  5. Tidak menampakkan bagian wajah tertentu.
  6. Kain yang digunakan tidak tipis.
  7. Tidak berhias berlebihan.
  8. Tidak membentuk punuk unta.

Wajibkah seorang wanita berhijab?

Islam mewajibkan muslimah untuk mengenakan jilbab diatas pakaian rumahnya. Hal ini berdasarkan firman Allah Swt dalam surat al-Ahzab ayat 59 yang berbunyi: “Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuamu dan isteri-isteri orang mukmin: ” Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”.

Apakah hijab adalah cara berpakaian Muslimah?

Dalam bahasa Arab, hijab berarti penghalang, tabir, maupun penutup. Maknanya lebih umum dan menyeluruh. Sementara itu, hijab syar’i adalah cara berpakaian seorang muslimah yang baik dan sesuai dengan syariat Islam. Istilah kerudung dan khimar sebenarnya sama. Kerudung adalah istilah bahasa Indonesia.

Apakah istilah hijab syar’i sama dengan jilbab?

Di Indonesia, istilah hijab syar’I dimaknai hampir sama dengan jilbab namun ukurannya lebih lebar dan lebih menutupi. Namun sebenarnya, ada sedikit perbedaan pengertian hijab Syar’i dengan jilbab. Dalam bahasa Arab, hijab berarti penghalang, tabir, maupun penutup. Maknanya lebih umum dan menyeluruh.

Apakah hijab adalah istilah untuk wanita muslimah?

Dari beberapa definisi di atas, bisa disimpulkan bahwa Hijab Syar’i adalah istilah yang lebih universal untuk menggambarkan bagaimana seorang wanita muslimah hendaknya berbusana, mulai dari kepala hingga ujung kaki. Mengenakan hijab adalah suatu kewajiban bagi seorang wanita muslimah.

Apakah hijab adalah segala hal yang menutupi sesuatu?

Secara istilah, Hijab adalah sebagaimana dijelaskan Al-Munawi bahwa Hijab adalah segala hal yang menutupi sesuatu yang dituntut untuk ditutupi atau terlarang untuk menggapainya. Di antara penerapan maknanya, Hijab dimaknai dengan As-Sitr (penutup), yaitu yang menghalangi sesuatu agar tidak bisa terlihat.