Articles

Apakah anak2 bisa terkena katarak?

Apakah anak2 bisa terkena katarak?

Selain kelainan bawaan sejak dalam kandungan, katarak pada bayi dan anak juga dapat terjadi akibat komplikasi dari penyakit mata, cedera pada mata, diabetes, serta terapi radiasi atau konsumsi obat kortikosteroid jangka panjang.

Mata katarak di sebabkan oleh apa?

Katarak adalah suatu penyakit yang memengaruhi fungsi lensa mata. Kondisi ini dapat terjadi karena protein pada lensa mata membentuk gumpalan, sehingga lensa mata menjadi keruh dan sulit ditembus cahaya.

Apakah katarak termasuk penyakit yang berbahaya?

Selain menyebabkan ketidaknyamanan, katarak juga dapat mengakibatkan bahaya. Bayangkan jika seseorang yang memiliki katarak harus menyetir? Tapi yang menjadi bahaya paling besar adalah bahwa katarak dapat menyebabkan kebutaan.

Apakah Katarak kongenital bisa disembuhkan?

Namun, dengan deteksi dan penanganan sejak dini, katarak kongenital bisa diatasi dan fungsi penglihatan Si Kecil pun bisa membaik. Pengobatan dini juga dapat mencegah kebutaan permanen dan gangguan tumbuh kembang.

Apakah katarak pada anak atau kongenital?

Katarak pada anak atau kongenital sering kali berkaitan dengan penyakit lain seperti infeksid dari rubella, cytomegalovirus, varicella, syphillis, atau toksoplasma. Namun, juga dapat disebabkan oleh penyakit autosomal dominan katarak kongenital, sindrom Lowe, dan galaktosemia.

Apakah katarak dapat disimpulkan?

Jadi, dapat disimpulkan katarak adalah kekeruhan lensa yang normalnya transparan dan dilalui cahaya menuju retina, dapat disebabkan oleh berbagai hal sehingga terjadi kerusakan penglihatan. 8 Jenis- jenis katarak menurut Vaughan, Dale (2000) terbagi atas : 1.

Bagaimana terapi katarak?

Satu-satunya terapi untuk pasien katarak atau kekeruhan lensa adalah lewat prosedur bedah katarak. Pada terapi ini lensa diangkat dari mata (ekstraksi lensa) dengan prosedur intrakapsular atau ekstrakapsular (ICCE). Teknik ini jarang dilakukan lagi sekarang. Ekstraksi ekstrakapsular (ECCE).

Apa yang sering disebabkan oleh katarak traumatik?

Katarak traumatik Katarak traumatik paling sering disebabkan oleh cedera benda asing di lensa atau trauma tumpul terhadap bola mata. Lensa menjadi putih segera setelah masuknya benda asing karena lubang pada kapsul lensa menyebabkan humor aqueus dan kadang- kadang korpus vitreum masuk kedalam struktur lensa.