Articles

Apa itu aliran filsafat perenialisme?

Apa itu aliran filsafat perenialisme?

Perenialisme merupakan aliran filsafat yang susunannya mempunyai kesatuan, dimana susunannya itu merupakan hasil pikiran yang memberikan kemungkinan bagi seseorang untuk Page 2 Jurnal Al-hikmah Vol. 13, No. 2, Oktober 2016 ISSN 1412-5382 173 bersikap yang tegas dan lurus.

Apa tujuan aliran perenialisme?

Tujuan pendidikan menurut aliran perenialisme yaitu nilai-nilai kebenaran bersifat universal dan abadi. Sebab tujuan pendidikannya adalah membantu peserta didik menginternalisasikan nilai kebenaran agar mencapai kebaikan dalam hidup.

Siapa saja tokoh dalam aliran perenialisme?

Filsafat Perenialisme dan Tokoh Filusufnya

  • Plato. Ia berasal dari keluarga aritrokasi yang turun-temurun memegang politik penting dalam atena.
  • Aristoteles. Ia merupakan murid dari Plato.
  • Thomas Aqueness.
  • Robert Menahertin.
  • Artimatler.

Apakah pengertian progresivisme dan perenialisme?

Progresivisme adalah gerakan pendidikan yang mengutamakan penyelenggaraan pendidikan di sekolah berpusat pada anak (child-centered). Perenialisme merupakan sutau aliran dalam pendidikan yang lahir pada abad ke-20. Perenialisme lahir dari suatu reaksi terhadap pendidikan progresif.

Apa yang disebut perennialisme?

Nama “Perennialisme” datang dari tuntutan prinsip dasar pendidikan yang tidak pernah berubah dan terjadi berulang-ulang. Dalam konteks perennialis, masalah utama filusuf pendidikan adalah untuk memeriksa sifat alamiah manusia dan untuk merancang program pendidikan yang didasarkan pada karakteristik yang universal.

Apakah Filsafat perenial berasal dari bahasa Latin?

Pengertian Filsafat Perenial Secara etimologis, kata perenial berasal dari bahasa latin yaitu perennis, yang artinya kekal selama-lamanya atau abadi. Sehingga filsafat perenial dikatakan juga sebagai Filsafat Keabadian. Filsafat perennial adalah suatu pengetahuan mistis universal yang telah ada dan akan selalu ada selamanya.6

Apakah perennialisme adalah makhluk rasional?

Sependapat dengan pernyataan Aristoteles bahwa manusia adalah makhluk rasional, perennialisme menjadi cermin sekolah sebagai institusi yang dirancang untuk mengembangkan kecerdasan manusia. Perennialis melihat tujuan pendidikan universal sebagai penelitian dan penyebaran kebenaran.