Articles

Apa faktor intrinsik dan ekstrinsik yang mempengaruhi pertumbuhan mikroba?

Apa faktor intrinsik dan ekstrinsik yang mempengaruhi pertumbuhan mikroba?

1) Faktor intrinsik, yaitu sifat fisik, kimia dan struktur yang dimiliki oleh bahan pangan tersebut seperti kandungan nutrisi, pH, dan senyawa mikroba. 2) Faktor ekstrinsik, yaitu kondisi lingkungan pada penanganan dan penyimpanan bahan pangan seperti suhu, kelembaban, susunan gas di atmosfer.

Mengapa suhu dapat mempengaruhi pertumbuhan mikroba?

Suhu adalah salah satu faktor lingkungan yang terpenting yang memengaruhi pertumbuhan organisme. Suhu dapat memengaruhi mikroorganisme dalam dua cara yaitu apabila suhu naik, kecepatan metabolisme juga turun dan pertumbuhan diperlambat.

Apa yang dimaksud dengan pertumbuhan mikroba?

Pertumbuhan pada mikroorganisme diartikan sebagai penambahan jumlah atau total massa sel yang melebihi inokulum asalnya.

Apakah udara merupakan habitat mikroba?

Belum ada mikroorganisme yang habitat aslinya di udara. Mereka terdapat dalam jumlah yang relatif kecil bila dibandingkan dengan di air atau di tanah.

Apakah aspek fisik dapat mempengaruhi pertumbuhan mikroba?

Aspek-aspek fisik dapat mencakup suhu, pH dan tekanan osmotik, sedangkan kebutuhan kemis meliputi air, sumber karbon, nitrogen, oksigen, mineral-mineral dan factor penumbuh. Aspek-aspek ini sangat berpengaruh dalam proses pertumbuhan mikroba.

Apakah faktor intrinsik mempengaruhi pertumbuhan mikrobia?

Faktor intrinsik adalah faktor-faktor yang terdapat pada bahan pangan yang dapat mempengaruhi pertumbuhan mikrobia, baik memacu maupun menghambat pertumbuhan mikrobia pada bahan pangan tersebut. Contoh faktor intrinsik adalah pH, aktivitas air (aw), potensial oksidasi-reduksi (Eh), kandungan nutrisi, senyawa antimikrobia, dan struktur biologis.

Bagaimana untuk pertumbuhan mikroorganisma?

Kebutuhan mikroorganisma untuk pertumbuhan mikroorganisma dapat dibedakan menjadi 2 kategori, yaitu: kebutuhan fisik dan kebutuhan kemis. Aspek-aspek fisik dapat mencakup suhu, pH dan tekanan osmotik, sedangkan kebutuhan kemis meliputi air, sumber karbon, nitrogen, oksigen, mineral-mineral dan factor penumbuh.

Apakah faktor ekstrinsik dapat mempengaruhi pertumbuhan mikroorganisme?

Faktor ekstrinsik dapat dimanfaatkan untuk mengontrol pertumbuhan mikroorganisme yang kurang menguntungkan. Menurut Nani (2010), Suhu penyimpanan bahan pangan dapat mempengaruhi mutu bahan pangan tersebut. Suhu penyimpanan yang tepat dapat menghambat kerusakan bahan pangan secara mikrobiologis dan enzimatis.